Cermati Lima Tempat Favorite Persembunyian Ular di Rumah

     Apa yang terjadi apabila tempat tinggal yang sampai kini Anda anggap aman sekalian nyaman mendadak mesti terganggu dengan hadirnya beberapa ular yang bersarang di dalamnya? Kaget, takut, bahkan juga mungkin saja cemas.  Ya, siapa yang kira bila hewan melata yang mempunyai kekuatan mematikan itu dapat ada didalam tempat tinggal, yang beberapa terang bukanlah habitat asli mereka.

    “Bukan cuma pelaku kriminil, ular dapat juga jadi ancaman serta mengganggu keamaanan yang tinggal didalam rumah. Survey  menunjukkan kalau keamanan yaitu satu diantara tiga pertimbangan paling utama customer dalam beli tempat tinggal, terkecuali tempat serta kekuatan finansial, ” kata Wasudewan.

     “Karena itu, pencari tempat tinggal harus juga siaga dengan potensi hadirnya “tamu tidak diundang” seperti ular ke lokasi perumahan, ” ia memberikan.  Terdapat banyak kemungkinkan yang mengakibatkan ular dapat ‘salah alamat’ sampai singgah ke tempat tinggal Anda. Mungkin saja lantaran tempat tempat tinggalnya yang berdekatan dengan alam bebas seperti rawa, sawah, sungai, rimba, serta kebun.  Atau mungkin saja lantaran mereka terbawa aliran air hujan yang membanjiri lingkungan rumah Anda.  Ketua Jakarta Animal Aid Network (JAAN), Benvika Iben, menyampaikan, tak ada yang dapat memperkirakan kapan sekor ular bakal masuk kedalam satu tempat tinggal.

     “Dari sebagian masalah yang telah kami tangani, masuknya ular kedalam tempat tinggal bukanlah lantaran bagus atau jeleknya tempat tinggal itu. Serta saat hewan melata ini telah masuk kedalam tempat tinggal, orang-orang juga sering salah kaprah dalam menanganinya. ” “Umumnya lantaran dipengaruhi mitos yang sampai kini mengedar sekitar ular hingga jadi membahayakan keselamatan mereka sendiri, ” kata Bevinka.

    Lebih detil, ia juga menjelaskan type ular yang sering diketemukan waktu banjir yaitu ular sanca atau piton.  “Ular itu dapat diketemukan di semuanya lokasi mengingat habitat mereka yang benar-benar sangat luas. Terlebih pada lokasi yang berdekatan dengan rawa, gorong-gorong, parit atau sungai. Walau tak berbisa, lilitan ular sanca begitu beresiko untuk manusia, ” katanya. Ular type sanca sering diketemukan warga waktu banjir di sekitaran Jabodetabek.

     Bevinka juga memberikan, bila dirumah diketemukan seekor ular, langkah paling bijak mengatasinya yaitu bukanlah dengan membunuhnya. Baiknya direlokasi saja ke tempat yang harusnya. Atau langkah gampangnya, hubungi saja pakar atau pawang ular.  Serta tersebut disini panduan melindungi tempat tinggal supaya tak didatangi ular :

  1. Saluran air serta pohon-pohon lebat Kenyataan ini cukup mengagetkan ; Nyatanya ular adalah hewan yang begitu lihai untuk mencari tempat berlindung.  “Ular benar-benar sangat nyaman bersarang di gorong-gorong pipa pembuangan. Tetapi lidah ular yang berperan sebagai sensor navigator selalu senantiasa mencari jalan ke tempat yang menurut dia lebih aman, ” kata Benvika.  Karenanya tak ada kelirunya apabila Anda bertindak antisipatif yang dapat diawali dari pekarangan tempat tinggal. Terutama bila ada pohon memiliki ukuran besar serta berdaun lebat. Lalu, yakinkan supaya dahan serta ranting tak menyentuh atap tempat tinggal yang mungkin saja jalan untuk ular untuk masuk ke tempat tinggal.  Diluar itu, janganlah lupa juga untuk tutup saluran air dengan memakai penutup saringan. Maksudnya, supaya ular tak dapat menerobos masuk kedalam tempat tinggal.
  2. Pantau pojokan taman tempat tinggal Pojokan taman tempat tinggal adalah tempat yang umumnya ada tumpukan batuan yang begitu disenangi ular lantaran dikira lembap namun kering. Hingga, utama untuk Anda untuk memantaunya sehari-hari.  “Untuk hindari celah-celah sisi taman dirumah yang lembap, sesudah menyapu baiknya janganlah dibiarkan sisa dedaunan di pojokan, lantaran bakal lembap dan kering. Hingga ular begitu suka pada tempat itu, ” tutur Benvinka.
  3. Pantau juga bebatuan, tumpukan koran atau buku di gudang

    Pada intinya, ular suka pada tempat yang hangat. Ini juga sebagai penyebabnya mereka sering singgah ke rumah manusia. Karenanya, beberapa tempat seperti tumpukan batu di taman, koran atau buku di gudang dapat jadi tempat favorite mereka.  4. Check tabung gas 12 kg Siapa kira, bila tabung gas 12 kg yang sering dipakai sebagai bahan bakar untuk memasak dapat jadi tempat paling favorite untuk ular? Jadi waktu Anda bakal beli tabung gas baiknya check lebih dahulu sisi bawah tabungnya sebelumnya dibawa ke tempat tinggal.  “Bagian bawah tabung gas 12 kg, juga punya potensi jadi tempat yang lembap serta kering. Hingga yakinkan aman waktu akan dibawa kedalam tempat tinggal, ” jelas Benvinka.  5. Tumpukan perlengkapan berkebun Sebelumnya meraih sisi dalam tempat tinggal, ada peluang ular-ular itu singgah di kebun atau teras tempat tinggal. Cermati beberapa tempat dimana Anda sering menumpuk perlengkapan berkebun, selang, atau ember.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s