Sampaikan pendapat dengan teks editorial ini ciri-ciri bahasanya

Sampaikan pendapat dengan teks editorial, ini ciri-ciri bahasanya

Langkah Hemat Pererat Pertemanan dengan JalanJalan Sempatkah anda mengemukakan pendapat di depan umum? Mengemukakan pendapat tidak mesti senantiasa dengan bicara. Mengemukakan pendapat dapat juga dikerjakan lewat tulisan. Bahkan juga di Koran, ada kolom sendiri untuk berisi opini, baik opini dari editorial atau opini dari pembaca. Teks yang dimuat di kolom ini, dalam arti bhs Indonesia dikatakan sebagai teks opini/editorial.

Teks editorial yaitu teks yang diisi pendapat pribadi seorang pada satu gosip atau permasalahan aktual. Gosip yang diangkat mungkin saja mengenai permasalahan politik, sosial, maupun permasalahan ekonomi yang miliki jalinan erat dengan dengan politik. Kesempatan ini, kita akan ulas mengenai aturan kebahasaan teks opini/editorial.

Ciri kebahasaan atau aturan kebahasaan dari teks editorial salah satunya yaitu seperti berikut :

Adverbia, supaya bisa memberikan keyakinan pembaca dibutuhkan ekspresi kepastian yang dapat dipertegas dengan kata info atau adverbia frekuentatif, yakni adverbia yang melukiskan arti terkait dengan tingkat kekerapan terjadinya suatu hal yang diterangkan adverbia itu. Sebagian kata yang dapat anda gunakan diantaranya senantiasa, umumnya, beberapa besar saat, kerap, kadangkadang, tidak sering, serta yang lain.

Konjungsi, adalah kata penghubung pada teks editorial.

Verba material, yaitu verba yang tunjukkan perbuatan fisik atau momen.

Verba relasional, yaitu verba yang tunjukkan jalinan intensitas (pengertian A yaitu B), serta punya (memiliki kandungan pengertian A memiliki B). Verba yang pertama termasuk kedalam verba relasional identifikatif, sedang verba yang ke-2 serta ketiga termasuk kedalam verba relasional atributif.

Verba mental, yaitu verba yang menjelaskan persepsi (umpamanya lihat, terasa), afeksi (umpamanya sukai, cemas), serta kognisi (umpamanya memikirkan, tahu). Pada verba mental ada partisipan pengindra (senser) serta fenomena.

Nah, tersebut 5 ciri kebahasaan dari teks editorial yang anda butuh tahu. Tertarik untuk coba menulis teks ini?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s